Kontrasepsi Injek Itu Apa Sih? Aman Gak?

Kontrasepsi injek atau yang lebih diketahui bersama dengan KB Suntik yakni metode pencegahan terjadinya kehamilan bersama dengan metode menyuntikkan hormon progestogen ke didalam otot atau di bawah kulit dan sesudah itu secara berjenjang dapat di lepaskan ke didalam aliran darah. KB suntik berprofesi bersama dengan metode menghalangi progres ovulasi (pelepasan sel telor dari ovarium) dan menambah pembuatan lendir oleh leher rahim (cervix). Penyusunan lendir mempunyai tujuan untuk menghalangi air mani supaya tak bisa menembus rahim agar tak bisa membuahi sel telor. Hal ini juga bisa mengurangi lapisan pada rahim agar telor yang siap dibuahi tak bisa berkembang didalam rahim.

Profit pengaplikasian KB Suntik

– Tak kudu mengingat untuk mengonsumsi pil tiap-tiap hari. Cuma kudu mengingat jadwal suntik KB tiap-tiap bulanan.
– Tak mengganggu kehidupan seksual.
– KB suntik bisa dipakai oleh wanita menyusui.
– KB suntik bisa menolong sebagian situasi sulit menstruasi seperti nyeri saat menstruasi atau dikala pra-menstruasi dan endometriosis.
– KB suntik bisa dipakai oleh wanita yang tak dapat mengaplikasikan pil KB.
– KB suntik bisa menolong menghindar terjadinya kanker seperti kanker rahim.
Sekiranya berharap menghentikan tak kudu kembali ke Dokter atau Bidan untuk menghentikannya.
– KB suntik tak memberi pengaruh obat lain yang tengah dikonsumsi
– Kerugian pengaplikasian KB Suntik

Sekiranya telah disuntikkan kedalam tubuh karenanya tak dapat seketika dihentikan atau di hilangkan dari tubuh. Seluruh pengaruh samping yang berjalan dapat usai sesudah 2-3 bulan hingga hormon progestogen sirna dari tubuh.
Injeksi berprofesi didalam bentang pas lama agar memerlukan pas untuk kembali memulihkan keadaan kesuburan. Sebagian wanita barangkali tak mengalami ovulasi sepanjang 6-8 bulan sesudah suntikan yang terakhir. Penundaan kesuburan tak berkaitan bersama dengan lamanya mengaplikasikan kontrasepsi.
Akan berjalan perubahan jadwal menstruasi terpenting pada sebagian bulan pertama dapat mengalami menstruasi yang tak tertata yang bisa lebih berat dan lebih lama dari lazimnya. Tetapi pada sebagian juga mempunyai barangkali untuk tak mengalami menstruasi.
Sebagian wanita mengalami gangguan menstruasi sebab berjalan situasi sulit pada tubuh seperti terjadinya infeksi, agar memerlukan penanganan dan terapi lebih lanjut.

Apakah tepat sasaran pengaplikasian KB Suntik?
Efektifitas kontrasepsi bertumpu pada umur, frekuensi berkaitan seksual, dan kepatuhan meniru saran. Sekiranya KB suntik dipakai cocok saran karenanya efetifitas menempuh 99%.

Efek samping pengaplikasian KB Suntik
Efek samping yakni suatu keadaan di mana tubuh bereaksi kepada obat di mana respon hal yang demikian sesungguhnya tak diinginkan terjadi, tapi fungsi dari pengaplikasian obat hal yang demikian bisa konsisten dinikmati. Berikut sebagian pengaruh samping yang kerap kali berjalan sebab pengaplikasian KB Suntik :

Kenaikkan berat badan
Memburuknya keadaan jerawat
Sakit kepala
Merasa tak nyaman pada payudara
Pendarahan yang tak teratur
Terjadi penipisan tulang (resiko berjalan osteoporosis). Sehingga kudu dikerjakan evaluasi tiap-tiap tahun untuk memandang keadaan tulang.
Siapa yang tak bisa mengaplikasikan KB Suntik?
Pada biasanya tiap-tiap wanita bisa mengaplikasikan KB Suntik. Berikut sebagian keadaan seseorang agar tak bisa mengaplikasikan KB Suntik :

Menderita kanker payudara
Menderita hepatitis
Mempunyai elemen efek terjadinya osteoporosis
Tak mengalami menstruasi sepanjang 6 bulan atau lebih
Mempunyai riwayat genetis osteoporosis

Leave a Reply